Aplikasi Pinjaman Syariah Online

Menjamurnya aplikasi pinjaman online di Indonesia membuat banyak sekali perubahan. Berbagai aplikasi pinjol pun memberikan pinjaman dengan bunga cicilan yang besarannya beragam.

Meski daya tarik orang untuk meminjam uang sangat tinggi tapi ada sebagian orang enggan menggunakan aplikasi pinjaman online. Hal ini tidak tanpa alasan, karena adanya praktik riba dari bunga yang dibebankan kepada peminjam.

Namun, sekarang ini tersedia banyak sekali aplikasi pinjaman syariah online dan sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan demikian aplikasi pinjaman syariah ini menggunakan sistem akad jual beli dengan nasabah serta ijarah yang mengambil manfaat dari keuntungan nasabah.

Jadi apakah kamu tertarik untuk menggunakannya?

Yuk, simak rekomendasi aplikasi pinjaman syariah online yang anti riba, halal, dan sudah terdaftar di OJK!

1. Investree

Untuk aplikasi pinjaman syariah yang pertama adalah Investree. Investree ini cocok untuk kamu yang sedang membutuhkan banyak uang untuk keperluan bisnis.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mendapatkan pembagian hasil yang lumayan menguntungkan baik yang meminjam atau mendanai, besarannya mencapai 20 persen.

Investree sendiri merupakan platform aplikasi tempat bertemunya para pemberi pinjaman dan para peminjam. Apabila kamu ingin meminjam cukup mengajukan pinjaman melalui aplikasi dengan mengisi data terlebih dahulu.

Jika sudah data pengajuan pinjaman yang kamu masukan akan dianalisis oleh tim investree, apabila kamu layak akan mendapatkan pendanaan dari para pemberi pinjaman di Investree.

2. Ammana

Pinjaman Syariah online berbasis P2P ini diketahui milik PT Ammana Fintek Syariah.  Aplikasi Ammana merupakan platform yang menghubungkan pemberi pinjaman atau lender dengan peminjam atau borrower.

Namun, sasaran peminjam hanya difokuskan kepada para pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha melalui program pendanaan bersama. 

Ammana memakai sistem non direct funding, sehingga para pelaku UMKM wajib menjadi anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang ada di Ammana.  Hal itu berfungsi sebagai lembaga kurasi kelayakan usaha UMKM yang akan didanai bersama para lender melalui skema crowdfunding/pendanaan.

Dalam melakukan kemitraan, pinjaman Ammana menerapkan sistem pembagian keuntungan dari hasil pendanaan produktif dengan sistem murni bagi hasil.  Sistem ini diterapkan antara pendana dengan mitra lembaga keuangan mikro syariah mitra Ammana. 

3. Dana Syariah

Dana Syariah merupakan aplikasi fintech dari PT. Dana Syariah Indonesia yang memungkinkan kamu mendapatkan pembiayaan syariah. Aplikasi ini telah diinstall sebanyak 500 ribu lebih dan mendapatkan rating 4,1 di PlayStore.

Selain itu, kamu juga bisa ikut berkontribusi dalam pendanaan berbagai proyek yang sedang berlangsung. Keuntungannya menjadi pendanaan adalah mendapatkan keuntungan hingga 20 persen.

Untuk proyek yang dikerjakan oleh Dana Syariah berfokus pada bidang properti, sehingga pinjaman dikhususkan untuk proyek-proyek properti.