Hisam Berani mencoba rajin belajar dan berbagi untuk masa depan

Macam-macam Server: Pengertian dan Fungsinya

3 min read

Pengertian Server : Macam, Fungsi

Pengertian Server

Server merupakan suatu komputer yang memiliki fungsi khusus untuk memberikan layanan yang sesuai dengan permintaan client. Server ini bisa berupa pengolahan, penyimpanan, dan transfer data yang bergantung dengan fungsi khususnya.

Berbagai jenis bentuk data dapat disimpan dan diolah dalam server dengan memberikan layanan khusus kepada pengguna untuk memberikan sebuah informasi atau data yang diminta.

Server berperan penting dalam menyediakan resource dan layanan akses yang cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server. Dalam bentuk fisiknya, server berwujud komputer yang sangat besar memiliki prosesor yang mumpuni, memory RAM dan penyimpanan yang berkapasitas besar serta terhubung dengan jaringan.

Macam-macam Server Beserta Fungsinya

Sebenarnya jika server dikategorikan berdasarkan fungsi dan tujuannya sangatlah banyak. Berikut ini hanya dapat menjelaskan beberapa jenis server:

1. Fax Server

Fax server merupakan layanan untuk mengirimkan pesan dengan skala lokal jaringan atau LAN. Dengan menggunakan fax server, segala permintaan pengiriman dan menerima fax dapat dilakukan dengan server ini. Server ini juga memiliki modem FAX sehingga dapat mengubah sinyal analog yang melalui jaringan telepon menjadi sinyal digital.

2. FTP Server

Server File Transfer Protocol (FTP) adalah komputer yang telah terinstall aplikasi yang berfungsi memberikan layanan komunikasi data antar jaringan kepada client yang sudah terpasang aplikasi FTP client. Server ini bekerja dengan menggunakan layanan protokol FTP, yaitu 21.

3. Mail Server

Mail server memiliki fungsi sebagai layanan dalam hal surat elektronik atau e-mail ke client. Cara kerja mail server ini dimulai saat client mengirimkan surat ke client yang lain, maka surat tersebut akan disimpan dalam server mail. Tidak hanya untuk menyimpang surat, server mail ini juga memberikan web interface yang berguna untuk memudahkan bagi client untuk menulis dan mengorganisir surat email yang client punya.

Dan berikut jenis software mail server berdasarkan jenisnya.

  • Sendmail bekerja pada operasi sistem Linux dan merupakan jenis paling standar.
  • Postfix merupakan hasil pengembangan dari Sendmail dan dapat berjalan di sistem operasi Linux dan Mac OS.
  • Qmail adalah salah satu server email yang paling aman dan belum ditemukan celah-celahnya.

4. Database Server

Server database merupakan server yang digunakan untuk memberikan layanan kepada client berupa layanan penyimpanan data dalam bentuk database. Data dalam bentuk database ini sudah terorganisir atau dikelompokkan berdasarkan masing-masing user pengguna.

Sistem keamanan database server ini selalu dikembangkan untuk meningkatkan keamanan data pengguna agar tidak terjadi pencurian data. Terlebih data yang disimpan dalam server database bisa berjumlah ratusan bahkan jutaan data pengguna.

Software yang paling sering digunakan untuk database server:

  • MySQL
  • SQL Server
  • PostgreSQL
  • Oracle

5. Proxy Server

Proxy server berguna untuk menjembatani komputer dengan internet dengan memperkuat security pada sebuah jaringan. Server ini berguna untuk memberikan filter permintaan antara server dengan client.

Beberapa fungsi proxy server:

  • Memblokir suatu IP Address, misalnya IP pengguna atau bisa juga situs sensitif
  • Membuka alamat IP yang diblokir oleh ISP
  • Menyembunyikan alamat IP

6. Web Server

Web server adalah server melayani permintaan pengguna dengan protokol HTTP atau HTTPS. Server ini merupakan server yang digunakan untuk website atau blog dan juga search engine untuk menampilkan halaman web, gambar, dan lain-lain yang bisa diakses melalui aplikasi browser.

Web server umumnya bekerja menggukan protokol 80 untuk HTTP dan protokol 443 untuk HTTPS. Berikut web proxy yang sering digunakan:

  • Nginx
  • Apache
  • LiteSpeed

7. Telnet Server

Merupakan server yang digunakan untuk melayani servis Telnet. Dengan adanya server ini, kita bisa melakukan remote komputer yang kita inginkan. Sebelum kita meremote komputer, kita masuk dulu dalam sistem login server telnet ini. Kemudian permintaan telnet diteruskan ke komputer tujuan yang diminta oleh client.

8. File Server

File server merupakan komputer yang dirancang untuk penyimpanan dan pengambilan data yang terhubung dengan jaringan untuk mengakses lokasi berbagi penyimpanan file komputer. Kapasitas dan kecepatan penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas dan type disk yang digunakan server tersebut.

Jenis server ini dapat kita temukan di sekolah, kantor, dan tempat-tempat lain yang mementingkan file server. Biasanya digunakan untuk menyimpan foto, dokumen, suara, video, juga file-file yang lainnya yang bisa diakses oleh workstation yang ada pada jaringan komputer.

9. Game Server

Game server merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game offline seperti game lama, Counter Strike offline saat bermain menghadapi BOT atau COM.

10. DNS Server

DNS server mempunyai fungsi untuk menerjemahkan alamat domain sebuah website ke dalam bentuk IP Address. Oleh karena itu apabla tidak mengatur DNS Server pada settingan IP Address, maka tidak dapat digunakan untuk membuka situs menggunakan nama domainnya.

Mau membuka google untuk mencari tutorial tapi belum mengatur DNS Server?

Ya tidak bisa, karena untuk terkoneksi dengan server google komputer perlu menerjemahkan alamat google untuk mengetauhi alamat IP. Nah angka IP ini digunakan untuk menghubungkan komputer kita dengan komputer server milik google.

11. Print Server

Print server merupakan server yang terhubung dengan mesin printer untuk memberikan layanan print atau percetakan. Dengan menggunakan server ini, segala aktivitas “Print” bisa dilakukan secara bersama walaupun mesti mengantri tapi akan menghemat biaya untuk membeli mesin printer. Cukup dengam satu mesin printer tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer client.

12. Application Server

Dalam fungsinya, Application server merupakan komputer server yang terpasang suatu software aplikasi dan digunakan untuk menjalankannya.

13. Streaming Media Server

Server ini memberikan layanan streaming data media yang memungkinkan kita mengakses konten musik atau video tanpa harus mendownload terlebih dahulu.

14. Home Server

Home Server merupakan sercer yang khusus untuk pengguna rumahan dan memiliki berbagai fungsi tambahan selain home entertainment. Tambahan layanan servisnya seperti file servis untuk backup data, printing server, dan web server. Untuk besar komputer server ini tidaklah terlalu besar, karena hanya untuk rumahan.

Hisam Berani mencoba rajin belajar dan berbagi untuk masa depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *