Hisam Berani mencoba rajin belajar dan berbagi untuk masa depan

Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah

37 sec read

Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah?

Jawaban:

Istilah pra-aksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah karena meski suatu peradaban belum mengenal tulisan, peradaban itu bisa saja sudah memiliki perkembangan lain dan sudah banyak terjadi peristiwa sejarah pada peradaban itu.

Pembahasan:
Penggunaan istilah prasejarah untuk menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat belum mengenal tulisan kurang tepat. Pra berarti sebelum dan sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang berhubungan dengan aktivitas dan perilaku manusia, sehingga prasejarah berarti sebelum ada sejarah. Sebelum ada sejarah berarti sebelum ada aktivitas kehidupan manusia. Dalam kenyataannya sekalipun belum mengenal tulisan, makhluk yang dinamakan manusia sudah memiliki sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Oleh karena itu, para ahli mempopulerkan istilah praaksara untuk menggantikan istilah prasejarah. Praaksara berasal dari dua kata, yakni pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Dengan demikian, zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

Dengan demikian, Istilah praaksara lebih tepat digunakan karena walaupun masa praaksara belum mengenal tulisan tetapi manusia pada masa ini sudah memiliki aktivitas hingga hasil kebudayaan.

Hisam Berani mencoba rajin belajar dan berbagi untuk masa depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *