Hisam Berani mencoba rajin belajar dan berbagi untuk masa depan

Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Gambar & Keterangannya

3 min read

Ukuran Lapangan Bola Voli

Saat kamu bermain bola voli, apakah kamu pernah memperhatikan berapa ukuran lapangan bola voli? Baik laki-laki maupun perempuan, saya yakin orang-orang seusia kamu pasti sudah pernah memainkan olahraga yang populer ini. Bagaimana tidak, permainan ini sudah masuk dalam kurikulum pelajaran olahraga di sekolah.

Sesuai judul di atas, artikel ini akan membahas secara tuntas mengenai ukuran lapangan bola voli secara lengkap. Baik yang ber-standar nasional, maupun standar internasional. Baik untuk putra, ataupun untuk putri. Check it out!

Ukuran Lapangan Bola Voli

Secara umum, lapangan bola voli berukuran 18×9 meter dan telah menjadi standar ukuran dalam permainan bola voli secara nasional maupun internasional. Sehingga tidak ada perbedaan dalam ukuran lapangan bola voli di Indonesia antara di luar negeri.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar lapangan bola voli beserta ukurannya, juga keterangan mengenai panjang, lebar, dan luas lapangan bola voli, ukuran net bola voli untuk putra dan putri,  ukuran dari diameter bola voli, serta ketentuan jumlah pemain dan mengenai posisi pemain bola voli dalam sebuah lapangan bola voli.

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya

gambar ukuran lapangan bola voli
Gambar lapangan bola voli beserta ukurannya.

Adapun rincian mengenai ukuran lapangan bola voli adalah sebagai berikut:

  • Panjang lapangan bola voli: 18 meter
  • Lebar lapangan bola voli: 9 meter
  • Panjang garis serang lapangan bola voli: 3 meter
  • Luas lapangan bola voli: 162 meter² (18m x 9m)
  • Lebar garis lapangan bola voli: 5 centimeter
  • Area servis lapangan bola voli: 3 meter

Ukuran Net Bola Voli

Ukuran net bola voli
Ukuran net bola voli

Berikut ini penjelasan tentang ukuran net bola voli untuk putra dan putri:

  • Tinggi net bola voli putra: 2,43 meter
  • Tinggi net bola voli putri: 2,24 meter
  • Panjang net bola voli: 9 meter
  • Lebar net bola voli: 1 meter
  • Tinggi antena pada net bola voli: 80 cm (berada di atas net)
  • Tinggi tiang net bola voli 2,55 meter
  • Jarak antara tiang net dengan garis tepi / samping lapangan bola voli: 0,5 – 1 meter
  • Pita tepian atas net bola voli: 5 cm
  • Pita tepian samping net bola voli: 5 cm (dengan panjang 1 meter)
  • Ukuran mata jala net bola voli: 10 cm (berbentuk persegi)

Ukuran / Diameter Bola Voli

ukuran diameter bola voli

Berikut ini standar ukuran bola voli yang digunakan dalam pertandingan resmi nasional maupun internasional:

  • Ukuran keliling bola voli: 65 – 67 cm
  • Berat bola voli: 260 – 280 gram.
  • Tekanan bola voli: 0.30 – 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).
  • Diameter bola voli sekitar: 18 – 20 cm

Jumlah Pemain Bola Voli

Jumlah Pemain Bola Voli

Baik dalam pertandingan bola voli resmi yang diadakan secara nasional maupun internasional, ketentuan mengenai jumlah pemain bola voli adalah sama, yaitu 6 orang anggota dari masing-masing tim.

Kalau memang salah satu dari tim mengalami kekurangan pemain dengan batas minimal memiliki 4 orang pemain. Dan apabila jumlah pemain suatu tim kurang dari batas minimal 4 orang, maka tim tersebut dinyatakan kalah.

Posisi Pemain Bola Voli

Di dalam lapangan, posisi pemain bola voli juga termasuk di dalam ketentuannya. Secara umum, posisi pemain bola voli terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  1. Set-Upper atau Tosser yang bertugas sebagai orang yang mengatur serangan dari tim.
  2. Spiker atau Smasher sebagai blocker atau memblock bola untuk membendung serangan dari tim lawan.
  3. Libero atau Defender yang bertugas menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain atau ti lawan dengan melakukan passing.
  4. Server yang merupakan posisi di mana pemainnya melakukan servis. Setelah melakukan servis, pemain di posisi ini juga menjadi defender atau libero.

Penjelasan lengkapnya: Macam-macam Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya


Yang perlu kamu tahu juga, bahwa yang menentukan ukuran lapangan bola voli bukanlah hal yang mudah, perlu pertimbangan dan musyawarah dengan bukan sembarangan orang.

Untuk standar internasional, yang menjadi tolak ukur dalam permainan bola voli adalah induk organisasi bola voli internasional yaitu, Federation Internationale De Volleyball (FIVB).

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, induk organisasi bola voli yang bernama bernama PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) yang wilayah cakupannya seluruh Indonesia saja. Nah, setelah kita membahas mengenai ukuran lapangan bola voli secara lengkap, mari kita ulas lagi beberapa materi bola voli yang tak kalah penting untuk kamu pelajari.

Pengertian Bola Voli

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan, setiap tim memiliki anggota 6 pemain.

Sistem penilaian yang berlaku dalam permainan bola voli adalah masing-masing dari tim harus bisa memainkan bola yang masuk ke dalam area lapangannya dengan sebanyak-banyaknya 3 kali sentuhan. Lalu, bola sudah harus dilemparkan melewati tinggi net ke area tim lawan.

Beberapa teknik dasar yang dipakai dan wajib kamu kuasai dalam permainan bola voli adalah teknik servis, teknik passing, teknik spike atau smash, dan teknik blocking.

Mengenai bagaimana mempelajari dan menguasai teknik-teknik tersebut, kamu dapat melihat video di Youtube mengenai Teknik Dasar Bola Voli.

Sejarah Permainan Bola Voli

sejarah permainan bola voli atau mintonette

Pencipta permainan bola voli adalah William G. Morgan.

William G. Morgan merupakan seorang Director of Phycal Education (instruktur pendidikan jasmani) di YMCA yang lahir pada tahun 1870 di Lockport, New York.

Beliau meninggal dunia pada tahun 1942.

YMCA sendiri merupakan kependekan dari Young Men’s Cristian Association. Yaitu sebuah organisasi yang didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 dengan tujuan mengajarkan ajaran-ajaran utama umat Agama Kristen kepada para pemuda.

William G. Morgan menemukan olahraga Mintonette atau awal nama permainan bola voli ini pada tanggal 9  Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Olahraga ini diciptakan olehnya setelah beliau bertemu dengan James Naismith yang merupakan orang yang menciptakan cabang olahraga bola basket.

Dan ternyata, permainan bola voli (volleyball) yang diciptakan oleh William G. Morgan ini adalah hasil kombinasi dari 4 permainan bola besar yang dijadikan satu. Yaitu bola basket, tenis, baseball, dan bola tangan (handball).

Hal ini karena olahraga bola basket yang diciptakan oleh James Naismith dirasa terlalu keras dan aktif secara fisik untuk anggota YMCA yang sudah mulai menua. Sehingga William G. Morgan menciptakan olahraga ini agar tidak seaktif perminan bola basket dan dapat dimainkan dengan lebih mudah.

Di tahun 1896, olahraga Mintonette ini berganti nama menjadi volleyball pada saat demonstrasi pertandingan pertama kalinya di YMCA Training School.

Bagaimana kelanjutannya sampai permainan bola voli berkembang begitu pesat sehingga bisa menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia dan di Indonesia? Silahkan baca sejarah lengkap bola voli.

Peraturan Permainan Bola Voli

Nah, mengenai peraturan dalam permainan bola voli ini silahkan baca artikel khusus yang membahas tentang aturan permainan bola voli ini secara lengkap pada artikel Peraturan Permainan Bola Voli.

Hisam Berani mencoba rajin belajar dan berbagi untuk masa depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *